Friday, April 17, 2009

Mencegah Penyebaran Virus Melalui Flash Disk dengan Folder

Mungkin kebanyakan dari kita sudah pusing dengan ulah virus yang mengganggu komputer kita. Bahkan semakin memusingkan kalau hampir tidak ada antivirus yang bisa membasmi virus itu. Sebagian besar virus sekarang memanfaatkaan Autorun untuk penyebaran dirinya yaitu dengan menggunakan file autorun.inf untuk menjalankan file virus secara otomatis ketika flash disk ditancapkan ke komputer.
Berikut akan saya terangkan cara mencegah penyebaran virus melalui flash disk dengan folder. Maksudnya? Yaitu dengan membuat folder bernama autorun.inf. Dan berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Buka Windows Explorer dengan menekan tombol Win + E.
  2. Pastikan fitur Folder Options pada computer dapat digunakan. Buka Folder Options dari menu Tools  Folder Options….
  3. Pada tab View di bawah Advanced Settings  Hidden files and folders pilih Show hidden files and folders, lalu uncheck/hilangkan centang Hide extensions … dan Hide protected …, lalu klik OK.

  4. Tancapkan flash disk pada computer.
  5. Buka flash disk Anda.Agar meyakinkan flash disk Anda belum tertular virus, maka untuk membuka isinya gunakan frame kiri Windows Explorer, jangan langsung diklik ganda pada drive-nya.
  6. Klik kanan pada bagian, pilih New  Folder dan beri nama autorun.inf. Nah sekarang flash disk tidak bisa digunakan virus untuk menyebarkan diri.



Cara ini merupakan yang cukup sederhana untuk melindungi computer Anda dari virus. Selamat mencubie!!!

No comments:

All