Wednesday, December 31, 2008

Mengetik dengan Mengklik

Maksud loe? Iya mengetik kata demi kata, kalimat demi kalimat, paragraph demi paragraph dengan menggunakan mouse. Untuk bisa mengerjakan hal tersebut, maka kita gunakan salah satu fitur Windows yang berfungsi sebagai keyboard virtual yaitu On – Screen Keyboard (OSK). Adanya fitur ini dapat membantu kita dalam mengetik saat keyboard kita bermasalah / rusak.



Untuk mengaktifkan fitur tersebut, buka Start > All Programs > Accessories > Accessibility > On – Screen Keyboard. Lalu kita buka program untuk mengetik dokumen teks seperti Notepad, Wordpad, Notepad++, Microsoft Word dll. Dan selamat berketik – klik ria. Sebenarnya, menurut pengalaman penulis mengetik dengan fitur ini lebih cepat capek daripada menggunakan asli.

Selain untuk mengetik, (OSK) juga dapat melakukan fungsi – fungsi yang dilakukan keyboard biasa. Seperti Ctrl + C untuk meng-copy, Ctrl + Alt + Del untuk membuka jendela Task Manager dll. Biasanya kita harus menahan tombol – tombol Control Keys tersebut, namun OSK akan menahan tombol tersebut hingga diklik lagi atau setelah dikombinasikan.

Perlu diingat, walau fitur membantu saat keyboard bermasalah, namun tidak untuk Logon Screen saat kita harus memasukkan password, karena program ini hanya aktif setelah login. Jadi user kita harus tidak memiliki password agar dapat login. Kesimpulannya jangan sampai keyboard kita bermasalah atau rusak, kalau terlanjur beli yang baru.

No comments:

All